Silabus Basa Jawa Kelas 5

Sedangkan menurut tujuan atau artinya juga dibagi menjadi dua, yaitu tembung camboran tunggal dan camboran wudhar. Menjadi, macam-macam tembung camboran tersebut terdiri dari 4 ragam. Aplikasi dibuat dengan desain terbaik untuk memudahkan navigasi dan pengalaman pengguna.

Tembung camboran atau kata majemuk merupakan dua kata atau lebih yang digabung jadi satu dan memiliki 1 arti. Tembung camboran kode jawa terdapat beberapa model. Menurut bentuknya tembung camboran dibagi menjadi dua model, yaitu tembung camboran tugel dan camboran wutuh.

Semoga bermanfaat dan dapat menjadi panduan dalam belajar kode jawa secara baik serta benar. Widget Teks memungkinkan Anda menambahkan teks atau HTML ke segala bilah sisi yang mungkin nyata di tema Anda menghasilkan menggunakan widget teks untuk menampilkan teks, tautan, gambar, HTML, atau perpaduan keseluruhan hal itu. e-Santapan Harian – Renungan firman Tuhan per kitab yang bersifat eksposisi. Blog Ngangsu Kawruh meruapakan media pembejaran oleh menampilkan materi pembelajaran, perangkat, dan soal online. Silahkan berkomentar yang baik lalu sopan, komentar dengan website link aktif akan kami hapus.

Camboran wudar yaiku tembung kang dumadi saka tembung loro sing dirangkep dadi siji, nanging tembung siji lan sijine isih nduwe teges dhewe-dhewe. (terjemahan; Camboran wudar yaitu kata ataupun istilah Jawa yang terbentuk dari dua kata dalam digabung menjadi satu, walaupun antara satu kata dengan kata lainnya masih mempunyai arti sendiri). Camboran Tugel yaiku tembung sing dumadi saka tembung loro play dirangkep dadi siji kanthi ngurangi cacahing wanda. (terjemahan; Camboran tugel yaitu kata atau istilah Jawa yg terbentuk dari dua kata yang digabung menjadi satu dengan mengurangi jumlah suku katanya). Camboran wutuh yaiku tembung kang dumadi saka tembung loro sing dirangkep dadi siji nanging timpul nganggo ngurangi jumlah wandane, tetembungane isih wutuh. (terjemahan; Camboran wutuh yaitu sebutan atau istilah Jawa yang terbentuk dari dua sebutan yang digabung menjadi 1 dan tidak mengurangi kuantitas suku katanya, kata-katanya masih utuh).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *